Keuntungan Dan Kerugian E-Commerce
Keuntungan Dan Kerugian E-Commerce

Istilah e-Commerce
mungkin sudah tidak asing ditelinga para pengguna internet. Namun, masih
sebagian besar pengguna internet belum memahami apa itu e-Commerce. Definisi
dari e-Commerce sendiri yaitu penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran
barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www,
atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana
elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis,
dan sistem pengumpulan data otomatis (wikipedia). Dalam berbagai hal,
e-Commerce sangat membantu. Misalnya dalam kegiatan perdagangan maupun bisnis.
1. Keuntungan e-commerce di antaranya:
a. Revenue Stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan yang tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional.
a. Revenue Stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan yang tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional.
b. Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
c. Menurunkan biaya operasional (operating cost).
d. Melebarkan jangkauan (global reach).
e. Meningkatkan customer loyality.
f. Meningkatkan supplier management.
g. Memperpendek waktu produksi.
h. Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan).Jika dipandang dari pelaku-pelaku dalam e-commerce, keuntungannya yaitu:
a. Bagi
Perusahaan, memperpendek jarak, perluasan pasar, perluasan jeringan mitra
bisnis dan efisiensi, dengan kata lain mempercepat pelayanan ke pelanggan, dan
pelayanan lebih responsif, serta mengurangi biaya-biaya yang berhubungan
dengan kertas, seperti biaya pos surat, pencetakan, report,
dan sebagainya sehingga dapat meningkatkan pendapatan.
b. Bagi
Konsumen, efektif, aman secara fisik dan flexible
c. Bagi
Masyarakat Umum, mengurangi polusi dan pencemaran lingkungan,
membuka peluang kerja baru, menguntungkan dunia akademis, meningkatkan
kualitas SDM
Selain itu dengan adanya teknologi internet,
kelebihan nilai bisnis ini antara lain:
a. Menghasilkan pendapatan baru
melalui penjualan online.
b. Memperkecil biaya melalui
penjualan dan dukungan pelanggan secara online.
c. Menarik pelanggan baru melalui
pemasaran dan iklan web dan penjualan secara
online.
d. Membuat produk-produk baru agar
segera bisa diakses melalui web.
2. Kerugian e-commerce
di antaranya:
a. Kehilangan segi
finansial secara langsung karena kecurangan. Seorang penipu
mentransfer uang dari rekening satu ke rekening lainnya atau dia
telah mengganti semua data finansial yang ada.
b. Pencurian informasi
rahasia yang berharga. Gangguan yang timbul bisa
menyingkap semua informasi rahasia tersebut kepada pihak-pihak
yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban.
c. Kehilangan kesempatan
bisnis karena gangguan pelayanan. Kesalahan ini
bersifat kesalahan
non-teknis seperti aliran listrik tiba-tiba padam.
d. Penggunaan akses ke
sumber oleh pihak yang tidak berhak. Misalkan seorang
hacker yang berhasil membobol sebuah sistem perbankan. Setelah itu
dia memindahkan sejumlah rekening orang lain ke rekeningnya sendiri.
e. Kehilangan
kepercayaan dari para konsumen. Ini karena berbagai macam faktor seperti usaha
yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan
reputasi perusahaan tersebut.
f. Kerugian yang tidak terduga. Disebabkan oleh
gangguan yang dilakukan dengan sengaja , ketidakjujuran , praktek bisnis yang
tidak benar , kesalahan faktor manusia , kesalahan faktor manusia atau
kesalahan sistem elektronik.
Security Beberapa metode pengamanan data dalam transaksi
E-Commerce dan E-Bussines : Kriptografi Public Key : merupakan sistem asimetris
(tidak simetris) menggunakan beberapa key untuk pengenkripsian yaitu public key
untuk enkripsi data dan private key untuk dekripsi data. Public key disebarkan
ke seluruh dunia sementara private key tetap disimpan. Siapapun yang memiliki
public key tersebut dapat mengenkripsi informasi yang hanya dapat dibaca oleh
seseorang yang memiliki private key walaupun anda belum pernah mengenal bahkan
tidak tahu sama sekali siapa yang memiliki public key tersebut. Contoh :
Elgamal , RSA , DSA. Keuntungan : memberikan jaminan keamanan kepada siapa saja
yang melakukan pertukaran informasi meskipun diantara mereka tidak ada
persetujuan mengenai keamanan data terlebih dahulu maupun saling tidak mengenal
satu sama lain.
g. Meningkatkan
INDIVIDUALISME, pada perdagangan elektronik seseorang dapat bertransaksi dan
mendapatan barang/jasa yang diperlukan tanpa bertemu dengan siapapun.
h. Terkadang
Menimbulkan Kekecewaan, apa yang dilihat dilayar monitor komputer kadang
berbeda dengan apa yang dilihat secara kasat mata
i. Tidak
MANUSIAWI, sering sekali seseorang pergi ke toko & MALL tidak sekedar ingin
memuaskan kebutuhannya akan barang/ jasa tertentu, akan tetapi bisa juga untuk
refreshing, ketemu teman dan keluarga dan sebagainya.
sumber :
Comments
Post a Comment