Value Chain Amazon, Walmart, Ebay, Bukalapak dan Tokopedia

Hallo everybodyyyyyy,

welcome back to my site, kali ini saya ingin sharing mengenai Value Chain serta memberikan contoh mengenai contoh model bisnis e-commerce dunia maupun indonesia. Saat ini Amazon sebagai ritel yang mendominasi e-commerce dunia. mengapa?   langsung saja scroll ke bawah kuyyyy untuk menemukan jawabannya



VALUE CHAIN WALMART
A.       PRIMARY ACTIVITIES

1.      INBOUND LOGISTICS
Walmart memiliki gudang sendiri .Barang berasal dari produk bermerek dengan harga yang menarik.lalu dikirimkan ke 27 pusat distribusi . Menggunakan system cross-platfor, yaitu mengirim langsung ke toko. Setiap toko akan menerima rata-rata 5 truk dan sistem faktur elektronik.

2.      OPERATIONS
Walmart Menggunakan sistem barcode untuk pendistribusian barang

3.      OUTBOUND LOGISTICS
Cara pendistribusian barang menggunakan truk yang akan dibawa ke pusat distribusi.Jaringan distribusi Walmart terjadi dalam 2 proses yaitu konsentrat dan distribusikan. Terdapat 2000 truk untuk pengankutan barangnya dan setiap toko dapat memilih frekuensi dan penjadwal pengiriman,kebanyakan memilik pengiriman paa malam hari.

4.      MARKETING AND SALES
Slogan Walmart yaitu setiap hari harus murah. Melakukan sedikit promosi dan mereka menjaminkan kepuasan pada pelanggannya. klub saham menawarkan sejumlah produk dengan harga glosir. Melakukan kampanye yang disebut Buy America. Sebagian besar tokonya buka dari jam 9 pagi sampai jam 9 malam.



5.      SERVICE
Ketika seorang pelanggan datang, seorang rekan menyambutnya dan memberinya sebuah gerobak untuk barang-barang itu. Mayoritas penjualan dilakukan secara tunai tapi bisa membayar dengan kartu. Anggota keanggotaan klub saham membayar $ 25 setahun.
Menawarkan sebuah kebijakan "kepuasan terjamin" bisa dikembalikan barang dagangan ke toko manapun tanpa ada pertanyaan yang diajukan.

B.      SUPPORT ACTIVITIES

1.      FIRM INFRASTRUCTURE
a.      Terdapat 2485 toko yang dimiliki Walmart
b.      Terdapat 682 supercenters, 457 klub saham, 5 pasar walmart dan 1007  unit of walmart international.

2.      HUMAN RESOURCE MANAGEMENT
a.      Seorang supercenter Wal-Mart memiliki sekitar 450 mitra dan secara pribadi. Asisten Wal-Mart mempekerjakan 528.000 orang .Seminar manajemen ditawarkan di pusat distribusi. Semua mitra baru mendapat pelatihan.
b.      Perusahaan tidak berserikat, yang membuktikan bahwa perusahaan memberikan kenyamanan. 30% stafnya bekerja paruh waktu. Mereka memiliki kebijakan pintu terbuka dengan mitra.

3.      TECHNOLOGY DEVELOPMENT
Mereka memasang sistem satelit yang memungkinkan mengumpulkan dan menganalisis data penjualan setiap hari. Electronic scanning code standardisasi produk pada titik penjualan, dipasang di semua cabang pada tahun 1988. Unit terkait menggunakan pemindaian barcode manual untuk menandai harga komoditas. Pemindai ini, yang menggunakan teknologi frekuensi radio, berkomunikasi dengan inventori komputerisasi toko untuk memastikan harga pastinya dan meningkatkan efisiensi.

4.      PROCUREMENT.
Saat pesanan diekstraksi inventaris, sistem komputer berdasarkan sinyal cahaya ("") yang terkait dipandu ke lokasi yang benar.

SUMBER : https://tropicliving.wordpress.com/2015/05/29/walmart-revised-value-chain-analysis/




VALUE CHAIN TOKOPEDIA
A.      PRIMARY ACTIVITIES

1.      INBOUND LOGISTICS
a.      Tokopedia selalu mengontrol dan mengawasi perkembangannya melalui data statistic yang mereka punya dengan memantau progress perusahaan setiap bulan.
b.      Bekerjasama dengan beberapa perusahaan lain seabgai investor perusahaan.
c.       Terus mengajak online shop lain agar mau memasarkan barangnya di Tokopedia.

2.      OPERATIONS
a.      Melakukan pelayanan kepada pengguna tokopedia melalui Costumer Service
b.      Customer dapat memilih dan membandingkan harga beserta barang pada beberapa online shop.

3.      OUTBOUND LOGISTICS
a.      Tokopedia kini tidak hanya bisa di aksesmelalui PC atau Laptop saja namun bisa juga diakses melalui mobile phone.

4.      MARKETING AND SALES
a.      Tokopedia membuat event-event seperti Roadshow dan Workshop di Kampus-kampus serta workshop bersama UMKM di berbagai daerah.
b.      Menambah fitur yang bernama Top Ads untuk membantu penjual aktif di Tokopedia dalam mempromosikan produk.
c.       Memasang iklan baik di tv ataupun social media yang membuat tokopedia semakin berkembang.

5.      SERVICE
a.      Melakukan pelayanan kepada pengguna tokopedia melalui Costumer Servic
b.      Layanan pembayaran yang mudah melalui kerjasama dengan berbagai bank sehingga pengguna dapat memilih banyak bank yang diinginkan.
c.       Memberikan layanan pengiriman barang yang baik melalui kerjasama dengan berbagai jasa pengiriman barang sehingga dapat menjangkau seluruh daerah di Indonesia.

B.      SUPPORT ACTIVITIES

1.      FIRM INFRASTRUCTURE
a.      Tokopedia memiliki sistem data statistic untuk memantau perkembangan perusahaan
b.      Karena Tokopedia merupakan bisnis online maka infrastruktur memiliki perangkat elektronik dan internet untuk mendukung bisnis.

2.      HUMAN RESOURCE MANAGEMENT
a.      Untuk meningkatkan loyalitas karyawan dan pengguna tokopedia, maka Tokopedia membuat Tokopedia Awards yang diperuntukan karyawan Tokopedia.
b.      Kemudian megadakan event-event yang melibatkan karyawan Tokopedia untuk mempererat hubungan antar karyawan.


3.      TECHNOLOGY DEVELOPMENT
a.      Tokopedia selalu melakukan update fitur mengingat kebutuhan customer yang selalu bertambah sehingga mempermudah customer dalam menggunakan aplikasi Tokopedia.

4.      PROCUREMENT
a.      Pendanaan di Tokopedia berasal dari investor-investor yang telah menginvestasikan dananya ke Tokopedia seperti Softbank dan sebagainya.






VALUE CHAIN EBAY
A.      PRIMARY ACTIVITIES

1.      INBOUND LOGISTICS
a.      Ebay membeli beberapa server,beberapa barang elektronik dan beberapa item teknologi
b.      Ebay memerhatikan sekala ekonomi yang merupakan sumber utama di ebay.
c.       Membina hubungan dengan pemasok merupakan sumber utama dalam ibound logistic Ebay.
2.      OPERATIONS
a.      Penjual mendaftar di situs eBay
b.      Pembeli yang menawar untuk produk tertentu yang ditawarkan oleh penjual
c.       Sebuah tawaran sukses oleh Pembeli tertentu (atau pembelian melalui 'Beli Sekarang'
d.      Pembeli membayar ke bank melalui PayPal atau metode pembayaran lainnya
e.      Bank memberitahukan eBay tentang pembelian Pembeli
f.        eBay yang memberitahukan Penjual tentang pembayaran dengan Pembeli
g.      Pengiriman (shipment) dari produk oleh Penjual ke Pembeli
h.      Pemberitahuan oleh Pembeli untuk eBay tentang pengiriman produk
i.        eBay memberikan rekening penjual ke bank.
j.        Penjual menerima uang dari bank

3.      OUTBOUND LOGISTICS
eBay tidak harus berurusan dengan grosir dan distributor dan pengecer untuk pengiriman. Ini adalah tanggung jawab penjual eBay untuk mengirimkan produk kepada pelanggan, tetapi perusahaan harus mengatur dan memonitor sistem secara konsisten.

4.      MARKETING AND SALES
Sama dengan kebanyak ecommerce lainnya eBay memanfaatkan pemasaran di media social dan system penjualan online yang canggih.

5.      SERVICE
a.    Khususnya untuk masyarakat AS terdapat telepon layanan selama 24 jam yang dapat   menjawab keluhan dari konsumen.
b.   Perusahaan selalu mendorong penjual agar selalu memberikan layanan pelaggan yang unggul kepada pembeli agar reputasi eBay selalu positif.
c.  Namun secara husus eBay tidak memiliki live chat untuk menghubungkan dengan si penjual.

Sumber : https://research-methodology.net/ebay-value-chain-analysis/


SUPPORT ACTIVITIES

1.      FIRM INFRASTRUCTURE
Kegiatan ini mencakup dan didorong oleh perencanaan perusahaan atau strategis. Ini mencakup Sistem Informasi Manajemen (SIM) dan mekanisme lain untuk perencanaan dan pengendalian seperti departemen akuntansi.

2.      HUMAN RESOURCE MANAGEMENT
Karyawan adalah sumber yang mahal dan vital. Suatu organisasi akan mengatur rekrutmen dan seleksi, pelatihan dan pengembangan, dan penghargaan . Misi dan tujuan organisasi akan menjadi pendorong strategi HRM.

3.      TECHNOLOGY DEVELOPMENT

EBay dioperasikan sebagai tempat online untuk pembeli dan penjual; Teknologi merupakan sumber keunggulan kompetitif yang penting. eBay menggunakan opsi online untuk berinovasi, mengurangi biaya dan melindungi dan mempertahankan keunggulan kompetitif.


4.      PROCUREMENT
eBay hanya menyediakan platform untuk trading online yang akan berlangsung, tidak mengambil memiliki barang yang dijual, ini mengurangi biaya pengelolaan inventaris.


Sumber : https://www.slideshare.net/search/slideshow?searchfrom=header&q=beskida



Value chari from amazon :

A.      PRIMARY ACTIVITIES
1.      INBOUND LOGISTICS
Menjual di FBA Amazon adalah menjual barang di Amazon yang barangnya tersimpan di gudang Amazon. Tetapi penjualnya dan pemilik barangnya tetap si pengirim barang, bukan Amazon.

2.      OPERATIONS
·         Amerika Utara. Segmen ini mengoperasikan situs yang berfokus pada Amerika Utara seperti www.amazon.com, www.amazon.ca, dan www.amazon.com.mx. Penjualan di segmen ini meningkat 23%, 25%, dan 25% pada tahun 2014, 2015, dan 2016, dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya yang sebanding.
·         Internasional. Segmen ini mengoperasikan situs web yang berfokus secara internasional seperti www.amazon.com.au, www.amazon.com.br, www.amazon.cn dan lain-lain. Penjualan internasional meningkat 12%, 6%, dan 24% pada tahun 2014, 2015, dan 2016, dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya yang sebanding.
·         Layanan Web Amazon. Segmen ini berkaitan dengan penjualan global komputasi, penyimpanan, database, dan penawaran layanan lainnya untuk perusahaan pemula, perusahaan, instansi pemerintah, dan institusi akademis. Penjualan AWS meningkat 49%, 70%, dan 55% pada tahun 2014, 2015, dan 2016, dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya yang sebanding.

3.      OUTBOUND LOGISTICS
Untuk pendistribusian barang, Amazon menggunakan pesawat boeing 767 untuk antar negara, dan untuk cangkupan metropolitan, Amazon mengumumkan mereka menggunakan sistem pengiriman drone

4.      MARKETING AND SALES
Pesan pemasaran Amazon menyampaikan janji-janji pilihan produk dan layanan terbesar, harga menarik, pengiriman cepat produk dan layanan pelanggan secara keseluruhan.

5.      SERVICE
“Proses pengembalian Amazon ditangani sepenuhnya secara online melalui akun pelanggan. Jika ada masalah yang mengharuskan pelanggan berbicara dengan asisten layanan pelanggan melalui telepon, mereka akan memiliki akses ke akun pelanggan dan rincian pesanan, yang berarti bahwa ada masalah yang dapat ditangani dengan cepat dan efisien. "

B.      SUPPORT ACTIVITIES

1.      FIRM INFRASTRUCTURE
Amazon SimpleDB adalah layanan web untuk menjalankan query pada data terstruktur secara real time. Layanan ini bekerja sama erat dengan Amazon Simple Storage Service (Amazon S3) dan Amazon Elastic Compute Cloud (Amazon EC2), secara kolektif menyediakan kemampuan untuk menyimpan, memproses dan mengajukan data permintaan di awan. Layanan ini dirancang untuk membuat komputasi skala web lebih mudah dan lebih hemat biaya bagi pengembang.

2.       HUMAN RESOURCE MANAGEMENT
karyawan Amazon tidak diwakili oleh serikat pekerja dan Amazon menganggap bahwa hubungan karyawan mereka baik. Kompetisi untuk personil yang berkualifikasi di industri Amazon secara historis sangat ketat, terutama untuk insinyur perangkat lunak, ilmuwan komputer, dan staf teknis.

3.      TECHNOLOGY DEVELOPMENT
RFID dapat memberikan nilai di mana akurasi persediaan buruk, tingkat penyusutannya tinggi, atau informasi real-time lebih banyak dibutuhkan

4.      PROCUREMENT.
Amazon.com mengisi persediaan pusat distribusinya melalui berbagai pemasok. Pemasok untuk segmen produk media mereka adalah distributor buku besar seperti Ingram Book Distributors, serta distributor buku kecil lainnya.

Sumber :
https://research-methodology.net/amazon-value-chain-analysis/

http://khbuddhist.blogspot.co.id/2011/11/analyze-amazon-and-walmartcom-using.html




Value chain from bukalapak :
A.    PRIMARY ACTIVITIES

1.      INBOUND LOGISTICS
Program Anti Penipuan yaitu, pembeli akan mentransfer barang yang dibeli ke bukalapak, lalu si penjual menadapatkan notifikasi “ada pemesanan barang”. Barang akan dikirim si penjual ke alamat pembeli. Ketika brang sudah sampai di tangan pembeli, baru bukalapak menstrasfer transaksi ke pada si penjual.
2.      OPERATIONS
Pemantauan terhadap transaksi pembeli dan penjual

3.      OUTBOUND LOGISTICS
Fitur Buka Dompet adalah sistem dimana penjual dan pembeli tidak berkomunikasi langsung, agar tidak terjadi penipuan. Disini buka lapak sebagai pihak yang menjembatani bahwa brang yang di beli sudah sampai. Dan bukalapak akan mestrafer uang yang telah d transfer oleh pembeli. Sistem ini bertujuan agar tidak terjadi kasus penipuan.

4.      MARKETING AND SALES
Yaitu Dengan cara iklan melalui iklan di media sosial maupun iklan d stasiun tv swasta, pemilik buka lapak juga turut ikut serta dalam iklan tersebut

5.      SERVICE
·         Melakukan pelayanan kepada pengguna tokopedia melalui Costumer Servic
·         Layanan pembayaran yang mudah melalui kerjasama dengan berbagai bank sehingga pengguna dapat memilih banyak bank yang diinginkan.
·         Memberikan layanan pengiriman barang yang baik melalui kerjasama dengan berbagai jasa pengiriman barang sehingga dapat menjangkau seluruh daerah di Indonesia.

B.      SUPPORT ACTIVITIES

1.      FIRM INFRASTRUCTURE
team vulnerability reports yaitu dimana team tersebut memeriksa apakah terjadi bug terhadap sistem bukalapak, agar sistem bukalapak tidak terjadi bug pada sistemnya

2.      HUMAN RESOURCE MANAGEMENT
Bukalapak menyediakan makan siang dan malam secara gratis setiap harinya, dan juga untuk pengembangan nya bukalapak mengdakan pelatihan, konferensi dan buku buku

3.      TECHNOLOGY DEVELOPMENT
Bukalapak bisa di akses melalui mobile seperti android dan ios

4.      PROCUREMENT.
Untuk Pendanaan, Pada Tahun 2012 Bukalapak mendapatkan suntikan dana Gree Ventures


Sumber : Bukalapak.com


Dari Value Chan Diatas Kita Dapat menyimpulkan mengenai model bisnis e-commerce apa yang mereka jalankan saat ini.
1.       Walmart ( Shopping Mall )  :
di Shopping Mall hanyalah penjual yang telah mempunyai brand ternama yang bisa berjualan. Keuntungan bisnis eCommerce Shopping Mall ini diperoleh dari komisi hasil penjualan.

2.       Amazon ( B2C ) :
Amazon menerapakan model bisnis e-commerce B2C, yaitu kegiatan E-businesses dalam pelayanan secara langsung kepada konsumen melalui barang atau jasa. Jadi Tidak Adanya perantara

3.       Ebay ( C2C “Customer To Customer” ):
Ebay menggunnakan model bisnis e-commerce yang melibatkan penjualan barang atau jasa di antara konsumen.

4.       Bukalapak ( C2C “Customer To Customer” ) :
Bukalpak menggunakan Marketplace C2C (Costumer To Costumer), adalah model eCommerce yang juga akan memfasilitasi penggunanya dalam bertransaksi jual-beli secara online. kegiatan jual beli yang dilakukan penjual dengan menggunakan rekening pihak ketiga atau escrow perusahaan Marketplace tersebut. Alur transaksi sendiri akan berjalan dari barang yang telah dikirim dan diantar ke pembeli melalui jasa kurir hingga kemudian uang diterima penjual.

5.       Tokopedia ( C2C “Customer To Customer” ) :
Tokopedia menggunnakan model bisnis e-commerce yang melibatkan penjualan barang atau jasa di antara konsumen.

Sumber : http://alekpermana.blogspot.co.id/2016/03/5-model-bisnis-ecommerce.html

Setelah Value Chain dan model bisnis E-commerce dijabarkan, timbul pertanyaan. Pertanyaan tersebut sudah saya jawab dengan pendapat saya sendiri :

1.       Which is the strongest?
Menurut saya setiap perusahaan mempunyai kelebihan dan kekurangan, tapi ditanya mengenai siapa yang terkuat sepertinya Amazon yang terkuat. Karena perusahaan terus melakukan kerja sama dengan perusahaan lain dan memperkaya item yang akan dijual, sehingga kepercayaan publik terus meningkat.

2.       Which company is likely to have the strongest retail e-commerce growth in the future? Why?
Jika disinggung mengenai pertanyaan tersebut, sudah cukup jelas bahwa amazon adalah perusahaan ritel e-commerce terkuat di masa depan?
Kenapa?
Karena Amazon terus melakukan inovasi dalam sistem aplikasi maupun pendistribusian barang, sebagai contoh Amazon menerapkan sebuah robot pengiriman (drone) barang kepada konsumen walaupun cangkupannya hanya metropolitan di negara nya yaitu amerika serikat.



Mungkin Itu saja yang dapat saya sharing kali ini, Semoga bermanfaat.
Jika Ingin Copy artikel ini mohon sertakan link web ini



Comments

  1. thanks for your information, brou!

    ReplyDelete
  2. Gambling on slots & casinos with no deposit bonus
    A no 제왕카지노 deposit bonus for casinos with no deposit bonus choegocasino offers for 바카라 사이트 existing customers, only available in the US. Sign up and get up to £10 & get 10 free spins.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts