Value Chain Amazon, Walmart, Ebay, Bukalapak dan Tokopedia
Hallo everybodyyyyyy,
welcome back to my site, kali ini saya ingin sharing mengenai Value Chain serta memberikan contoh mengenai contoh model bisnis e-commerce dunia maupun indonesia. Saat ini Amazon sebagai ritel yang mendominasi e-commerce dunia. mengapa? langsung saja scroll ke bawah kuyyyy untuk menemukan jawabannya
VALUE
CHAIN WALMART
A. PRIMARY
ACTIVITIES
1. INBOUND LOGISTICS
Walmart
memiliki gudang sendiri .Barang berasal dari produk bermerek dengan harga yang
menarik.lalu dikirimkan ke 27 pusat distribusi . Menggunakan system
cross-platfor, yaitu mengirim langsung ke toko. Setiap toko akan menerima rata-rata 5 truk dan sistem faktur
elektronik.
2. OPERATIONS
Walmart Menggunakan
sistem barcode untuk pendistribusian barang
3. OUTBOUND LOGISTICS
Cara pendistribusian barang
menggunakan truk yang akan dibawa ke pusat distribusi.Jaringan distribusi
Walmart terjadi dalam 2 proses yaitu konsentrat dan distribusikan. Terdapat
2000 truk untuk pengankutan barangnya dan setiap toko dapat memilih frekuensi
dan penjadwal pengiriman,kebanyakan memilik pengiriman paa malam hari.
4. MARKETING AND SALES
Slogan
Walmart yaitu setiap hari harus murah. Melakukan sedikit promosi dan mereka
menjaminkan kepuasan pada pelanggannya. klub saham menawarkan sejumlah produk dengan
harga glosir. Melakukan kampanye yang disebut Buy America. Sebagian besar tokonya buka dari jam 9 pagi
sampai jam 9 malam.
5. SERVICE
Ketika seorang pelanggan datang, seorang rekan menyambutnya dan memberinya
sebuah gerobak untuk barang-barang itu. Mayoritas penjualan dilakukan secara
tunai tapi bisa membayar dengan kartu. Anggota keanggotaan klub saham membayar $ 25 setahun.
Menawarkan sebuah kebijakan "kepuasan terjamin" bisa dikembalikan barang dagangan ke toko manapun tanpa ada pertanyaan yang diajukan.
Menawarkan sebuah kebijakan "kepuasan terjamin" bisa dikembalikan barang dagangan ke toko manapun tanpa ada pertanyaan yang diajukan.
B. SUPPORT ACTIVITIES
1. FIRM INFRASTRUCTURE
a. Terdapat 2485 toko yang dimiliki Walmart
b. Terdapat 682 supercenters, 457 klub saham, 5
pasar walmart dan 1007 unit of walmart international.
2. HUMAN RESOURCE MANAGEMENT
a. Seorang supercenter
Wal-Mart memiliki sekitar 450 mitra dan secara pribadi. Asisten Wal-Mart
mempekerjakan 528.000 orang .Seminar manajemen ditawarkan di pusat distribusi.
Semua mitra baru mendapat pelatihan.
b. Perusahaan tidak
berserikat, yang membuktikan bahwa perusahaan memberikan kenyamanan. 30%
stafnya bekerja paruh waktu. Mereka memiliki kebijakan pintu terbuka dengan
mitra.
3. TECHNOLOGY DEVELOPMENT
Mereka memasang
sistem satelit yang memungkinkan mengumpulkan dan menganalisis data penjualan
setiap hari. Electronic scanning code standardisasi produk pada titik
penjualan, dipasang di semua cabang pada tahun 1988. Unit terkait menggunakan
pemindaian barcode manual untuk menandai harga komoditas. Pemindai ini, yang
menggunakan teknologi frekuensi radio, berkomunikasi dengan inventori
komputerisasi toko untuk memastikan harga pastinya dan meningkatkan efisiensi.
4. PROCUREMENT.
Saat pesanan diekstraksi
inventaris, sistem komputer berdasarkan sinyal cahaya ("") yang
terkait dipandu ke lokasi yang benar.
VALUE
CHAIN TOKOPEDIA
A. PRIMARY ACTIVITIES
1. INBOUND LOGISTICS
a. Tokopedia selalu mengontrol dan mengawasi
perkembangannya melalui data statistic yang mereka punya dengan memantau progress
perusahaan setiap bulan.
b. Bekerjasama dengan beberapa perusahaan lain
seabgai investor perusahaan.
c. Terus mengajak online shop lain agar mau
memasarkan barangnya di Tokopedia.
2. OPERATIONS
a. Melakukan pelayanan kepada pengguna tokopedia
melalui Costumer Service
b. Customer dapat memilih dan membandingkan harga
beserta barang pada beberapa online shop.
3. OUTBOUND LOGISTICS
a. Tokopedia kini tidak hanya bisa di
aksesmelalui PC atau Laptop saja namun bisa juga diakses melalui mobile phone.
4. MARKETING AND SALES
a. Tokopedia membuat event-event seperti Roadshow
dan Workshop di Kampus-kampus serta workshop bersama UMKM di berbagai daerah.
b. Menambah fitur yang bernama Top Ads untuk
membantu penjual aktif di Tokopedia dalam mempromosikan produk.
c. Memasang iklan baik di tv ataupun social media
yang membuat tokopedia semakin berkembang.
5. SERVICE
a.
Melakukan pelayanan kepada pengguna tokopedia
melalui Costumer Servic
b. Layanan pembayaran yang mudah melalui
kerjasama dengan berbagai bank sehingga pengguna dapat memilih banyak bank yang
diinginkan.
c. Memberikan layanan pengiriman barang yang baik
melalui kerjasama dengan berbagai jasa pengiriman barang sehingga dapat menjangkau
seluruh daerah di Indonesia.
B. SUPPORT ACTIVITIES
1. FIRM INFRASTRUCTURE
a. Tokopedia memiliki sistem data statistic untuk
memantau perkembangan perusahaan
b. Karena Tokopedia merupakan bisnis online maka
infrastruktur memiliki perangkat elektronik dan internet untuk mendukung
bisnis.
2. HUMAN RESOURCE MANAGEMENT
a. Untuk meningkatkan
loyalitas karyawan dan pengguna tokopedia, maka Tokopedia membuat Tokopedia
Awards yang
diperuntukan karyawan Tokopedia.
b. Kemudian megadakan
event-event yang melibatkan karyawan Tokopedia untuk mempererat hubungan antar
karyawan.
3. TECHNOLOGY DEVELOPMENT
a. Tokopedia selalu
melakukan update fitur
mengingat kebutuhan customer yang selalu bertambah sehingga mempermudah
customer dalam menggunakan aplikasi Tokopedia.
4. PROCUREMENT
a. Pendanaan
di Tokopedia berasal dari investor-investor yang telah menginvestasikan dananya
ke Tokopedia seperti Softbank dan sebagainya.
VALUE
CHAIN EBAY
A. PRIMARY ACTIVITIES
1. INBOUND LOGISTICS
a. Ebay membeli beberapa server,beberapa barang
elektronik dan beberapa item teknologi
b. Ebay memerhatikan sekala ekonomi yang
merupakan sumber utama di ebay.
c. Membina hubungan dengan pemasok merupakan
sumber utama dalam ibound logistic Ebay.
2. OPERATIONS
a. Penjual
mendaftar di situs eBay
b. Pembeli
yang menawar untuk produk tertentu yang ditawarkan oleh penjual
c. Sebuah
tawaran sukses oleh Pembeli tertentu (atau pembelian melalui 'Beli Sekarang'
d. Pembeli
membayar ke bank melalui PayPal atau metode pembayaran lainnya
e. Bank
memberitahukan eBay tentang pembelian Pembeli
f.
eBay yang memberitahukan Penjual
tentang pembayaran dengan Pembeli
g. Pengiriman
(shipment) dari produk oleh Penjual ke Pembeli
h. Pemberitahuan
oleh Pembeli untuk eBay tentang pengiriman produk
i.
eBay memberikan rekening penjual ke
bank.
j.
Penjual menerima uang dari bank
3. OUTBOUND LOGISTICS
eBay tidak
harus berurusan dengan grosir dan distributor dan pengecer untuk pengiriman.
Ini adalah tanggung jawab penjual eBay untuk mengirimkan produk kepada
pelanggan, tetapi perusahaan harus mengatur dan memonitor sistem secara
konsisten.
4. MARKETING AND SALES
Sama dengan
kebanyak ecommerce lainnya eBay memanfaatkan pemasaran di media social dan
system penjualan online yang canggih.
5. SERVICE
a. Khususnya untuk masyarakat AS terdapat telepon
layanan selama 24 jam yang dapat menjawab keluhan dari konsumen.
b. Perusahaan selalu mendorong penjual agar selalu
memberikan layanan pelaggan yang unggul kepada pembeli agar reputasi eBay
selalu positif.
c. Namun secara husus eBay tidak memiliki live
chat untuk menghubungkan dengan si penjual.
Sumber
: https://research-methodology.net/ebay-value-chain-analysis/
SUPPORT ACTIVITIES
1. FIRM INFRASTRUCTURE
Kegiatan ini mencakup dan didorong oleh
perencanaan perusahaan atau strategis. Ini mencakup Sistem Informasi Manajemen
(SIM) dan mekanisme lain untuk perencanaan dan pengendalian seperti departemen
akuntansi.
2. HUMAN RESOURCE MANAGEMENT
Karyawan adalah sumber yang mahal dan vital.
Suatu organisasi akan mengatur rekrutmen dan seleksi, pelatihan dan
pengembangan, dan penghargaan . Misi dan tujuan organisasi akan menjadi
pendorong strategi HRM.
3. TECHNOLOGY DEVELOPMENT
EBay dioperasikan sebagai tempat online untuk
pembeli dan penjual; Teknologi merupakan sumber keunggulan kompetitif yang
penting. eBay menggunakan opsi online untuk berinovasi, mengurangi biaya dan
melindungi dan mempertahankan keunggulan kompetitif.
4. PROCUREMENT
eBay hanya menyediakan platform untuk trading
online yang akan berlangsung, tidak mengambil memiliki barang yang dijual, ini
mengurangi biaya pengelolaan inventaris.
Sumber : https://www.slideshare.net/search/slideshow?searchfrom=header&q=beskida
Value chari from amazon :
A.
PRIMARY
ACTIVITIES
1.
INBOUND LOGISTICS
Menjual
di FBA Amazon adalah menjual barang di Amazon yang barangnya tersimpan di
gudang Amazon. Tetapi penjualnya dan pemilik barangnya tetap si pengirim
barang, bukan Amazon.
2.
OPERATIONS
·
Amerika Utara. Segmen ini mengoperasikan situs yang
berfokus pada Amerika Utara seperti www.amazon.com, www.amazon.ca, dan
www.amazon.com.mx. Penjualan di segmen ini meningkat 23%, 25%, dan 25% pada
tahun 2014, 2015, dan 2016, dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya yang
sebanding.
·
Internasional. Segmen ini mengoperasikan situs web yang
berfokus secara internasional seperti www.amazon.com.au, www.amazon.com.br,
www.amazon.cn dan lain-lain. Penjualan internasional meningkat 12%, 6%, dan 24%
pada tahun 2014, 2015, dan 2016, dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya
yang sebanding.
·
Layanan Web Amazon. Segmen ini berkaitan dengan penjualan global
komputasi, penyimpanan, database, dan penawaran layanan lainnya untuk
perusahaan pemula, perusahaan, instansi pemerintah, dan institusi akademis.
Penjualan AWS meningkat 49%, 70%, dan 55% pada tahun 2014, 2015, dan 2016,
dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya yang sebanding.
3.
OUTBOUND
LOGISTICS
Untuk pendistribusian barang, Amazon
menggunakan pesawat boeing 767 untuk antar negara, dan untuk cangkupan
metropolitan, Amazon mengumumkan mereka menggunakan sistem pengiriman drone
4.
MARKETING AND
SALES
Pesan pemasaran Amazon menyampaikan
janji-janji pilihan produk dan layanan terbesar, harga menarik, pengiriman
cepat produk dan layanan pelanggan secara keseluruhan.
5.
SERVICE
“Proses pengembalian Amazon ditangani
sepenuhnya secara online melalui akun pelanggan. Jika ada masalah yang
mengharuskan pelanggan berbicara dengan asisten layanan pelanggan melalui
telepon, mereka akan memiliki akses ke akun pelanggan dan rincian pesanan, yang
berarti bahwa ada masalah yang dapat ditangani dengan cepat dan efisien. "
B.
SUPPORT
ACTIVITIES
1.
FIRM
INFRASTRUCTURE
Amazon
SimpleDB adalah layanan web untuk menjalankan query pada data terstruktur
secara real time. Layanan ini bekerja sama erat dengan Amazon Simple Storage
Service (Amazon S3) dan Amazon Elastic Compute Cloud (Amazon EC2), secara
kolektif menyediakan kemampuan untuk menyimpan, memproses dan mengajukan data
permintaan di awan. Layanan ini dirancang untuk membuat komputasi skala web
lebih mudah dan lebih hemat biaya bagi pengembang.
2.
HUMAN
RESOURCE MANAGEMENT
karyawan
Amazon tidak diwakili oleh serikat pekerja dan Amazon menganggap bahwa hubungan
karyawan mereka baik. Kompetisi untuk personil yang berkualifikasi di industri
Amazon secara historis sangat ketat, terutama untuk insinyur perangkat lunak,
ilmuwan komputer, dan staf teknis.
3.
TECHNOLOGY
DEVELOPMENT
RFID dapat
memberikan nilai di mana akurasi persediaan buruk, tingkat penyusutannya
tinggi, atau informasi real-time lebih banyak dibutuhkan
4.
PROCUREMENT.
Amazon.com
mengisi persediaan pusat distribusinya melalui berbagai pemasok. Pemasok untuk
segmen produk media mereka adalah distributor buku besar seperti Ingram Book
Distributors, serta distributor buku kecil lainnya.
Sumber :
https://research-methodology.net/amazon-value-chain-analysis/
http://khbuddhist.blogspot.co.id/2011/11/analyze-amazon-and-walmartcom-using.html
Value chain from bukalapak :
A. PRIMARY ACTIVITIES
1.
INBOUND LOGISTICS
Program
Anti Penipuan yaitu, pembeli akan mentransfer barang yang dibeli ke bukalapak,
lalu si penjual menadapatkan notifikasi “ada pemesanan barang”. Barang akan
dikirim si penjual ke alamat pembeli. Ketika brang sudah sampai di tangan
pembeli, baru bukalapak menstrasfer transaksi ke pada si penjual.
2.
OPERATIONS
Pemantauan terhadap transaksi pembeli dan
penjual
3.
OUTBOUND
LOGISTICS
Fitur Buka Dompet adalah sistem dimana
penjual dan pembeli tidak berkomunikasi langsung, agar tidak terjadi penipuan.
Disini buka lapak sebagai pihak yang menjembatani bahwa brang yang di beli
sudah sampai. Dan bukalapak akan mestrafer uang yang telah d transfer oleh
pembeli. Sistem ini bertujuan agar tidak terjadi kasus penipuan.
4.
MARKETING AND
SALES
Yaitu Dengan cara iklan melalui iklan di
media sosial maupun iklan d stasiun tv swasta, pemilik buka lapak juga turut
ikut serta dalam iklan tersebut
5.
SERVICE
·
Melakukan pelayanan kepada pengguna tokopedia
melalui Costumer Servic
·
Layanan
pembayaran yang mudah melalui kerjasama dengan berbagai bank sehingga pengguna
dapat memilih banyak bank yang diinginkan.
·
Memberikan layanan
pengiriman barang yang baik melalui kerjasama dengan berbagai jasa pengiriman
barang sehingga dapat menjangkau seluruh daerah di Indonesia.
B.
SUPPORT
ACTIVITIES
1.
FIRM
INFRASTRUCTURE
team vulnerability reports yaitu dimana
team tersebut memeriksa apakah terjadi bug terhadap sistem bukalapak, agar
sistem bukalapak tidak terjadi bug pada sistemnya
2.
HUMAN RESOURCE
MANAGEMENT
Bukalapak
menyediakan makan siang dan malam secara gratis setiap harinya, dan juga untuk
pengembangan nya bukalapak mengdakan pelatihan, konferensi dan buku buku
3.
TECHNOLOGY
DEVELOPMENT
Bukalapak bisa di akses melalui mobile
seperti android dan ios
4.
PROCUREMENT.
Untuk Pendanaan, Pada Tahun 2012 Bukalapak
mendapatkan suntikan dana Gree Ventures
Sumber : Bukalapak.com
Dari Value Chan Diatas Kita Dapat menyimpulkan mengenai model
bisnis e-commerce apa yang mereka jalankan saat ini.
1.
Walmart ( Shopping Mall ) :
di
Shopping Mall hanyalah penjual yang telah mempunyai brand ternama yang bisa
berjualan. Keuntungan bisnis eCommerce Shopping Mall ini diperoleh dari komisi
hasil penjualan.
2.
Amazon ( B2C ) :
Amazon
menerapakan model bisnis e-commerce B2C, yaitu kegiatan E-businesses dalam
pelayanan secara langsung kepada konsumen melalui barang atau jasa. Jadi Tidak
Adanya perantara
3.
Ebay ( C2C “Customer To Customer” ):
Ebay menggunnakan model bisnis e-commerce yang melibatkan
penjualan barang atau jasa di antara konsumen.
4.
Bukalapak ( C2C “Customer To Customer” ) :
Bukalpak
menggunakan Marketplace C2C (Costumer To Costumer), adalah model eCommerce yang
juga akan memfasilitasi penggunanya dalam bertransaksi jual-beli secara online.
kegiatan jual beli yang dilakukan penjual dengan menggunakan rekening pihak
ketiga atau escrow perusahaan Marketplace tersebut. Alur transaksi sendiri akan
berjalan dari barang yang telah dikirim dan diantar ke pembeli melalui jasa
kurir hingga kemudian uang diterima penjual.
5.
Tokopedia ( C2C “Customer To Customer” ) :
Tokopedia menggunnakan model bisnis e-commerce
yang melibatkan penjualan barang atau jasa di antara konsumen.
Sumber : http://alekpermana.blogspot.co.id/2016/03/5-model-bisnis-ecommerce.html
Setelah
Value Chain dan model bisnis E-commerce dijabarkan, timbul pertanyaan. Pertanyaan
tersebut sudah saya jawab dengan pendapat saya sendiri :
1. Which is
the strongest?
Menurut
saya setiap perusahaan mempunyai kelebihan dan kekurangan, tapi ditanya
mengenai siapa yang terkuat sepertinya Amazon yang terkuat. Karena perusahaan
terus melakukan kerja sama dengan perusahaan lain dan memperkaya item yang akan
dijual, sehingga kepercayaan publik terus meningkat.
2.
Which company is likely to have the strongest
retail e-commerce growth in the future? Why?
Jika
disinggung mengenai pertanyaan tersebut, sudah cukup jelas bahwa amazon adalah
perusahaan ritel e-commerce terkuat di masa depan?
Kenapa?
Karena
Amazon terus melakukan inovasi dalam sistem aplikasi maupun pendistribusian
barang, sebagai contoh Amazon menerapkan sebuah robot pengiriman (drone) barang
kepada konsumen walaupun cangkupannya hanya metropolitan di negara nya yaitu
amerika serikat.
Mungkin Itu saja yang dapat saya sharing kali ini, Semoga
bermanfaat.
Jika Ingin Copy artikel ini mohon sertakan link web ini
thanks for your information, brou!
ReplyDeleteGambling on slots & casinos with no deposit bonus
ReplyDeleteA no 제왕카지노 deposit bonus for casinos with no deposit bonus choegocasino offers for 바카라 사이트 existing customers, only available in the US. Sign up and get up to £10 & get 10 free spins.